Medco Energi Menerbitkan Obligasi 1,25 triliun Rupiah

PT Medco Energi Internasional berencana untuk menerbitkan surat utang atau obligasi senilai 1,25 triliun rupiah. Obligasi ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan atau PUB II tahap I.
Medco Energi Menerbitkan Obligasi 1,25 triliun Rupiah
Dalam prospektus resmi yang dirilis Jumat 15 Juli, obligasi atau surat utang ini terbagi menjadi 2 seri berbeda. Seri pertama atau Seri A akan bernilai 327 miliar rupiah sedangkan seri kedua atau Seri B bernilai 923 miliar rupiah.

Serie A ini akan memiliki tenor selama 3 tahun dengan tingkat bunga berada di level 10.8 persen sedangkan Serie B memiliki tenor 5 tahun bunga 11,3 persen. Dalam melaksanankan aksi korporasi ini, Medco akan menggandeng 6 pelaksana emis efek dan penjamin emisi efek yaitu PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, PT BNI Securities, PT Indo Premier Securities, PT Mandiri Sekuritas dan PT DBS Vickers Securities.

Untuk obligasi ini, PT Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo memberikan peringkat idA+ atau single A plus untuk obligasi MEDC. Obligasi ini direncanakan juga akan dicatatkan kedalam PT Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI.

Sebelumnya, Direktur Utama MEDC Hilmi Panigoro mengatakan bahwa target dana dari hasil penawaran umum berkelanjutan ini dipatok berada pada angka 5 triliun rupiah. Hilmi Panigoro juga mengatakan bahwa hasil 70 persen dari hasil dana obligasi tersebut akan digunakan untuk melakukan refinancing atau membiayai ulang utang perusahaan. Sisa 30 persen akan digunakan untuk membiayai belanja modal dan sejumlah rencana akuisisi yang akan dilakukan Medco termasuk yang terbaru yaitu mengakuisisi Newmont dari Amman Mineral dengan bekerjasama dengan AP Investment.

Untuk Rencana akuisisi Newmont, Medco sudah mendapatkan komitment pembiayaan dari Bank Mandiri, BRI dan BNI yang bersedia mengucurkan total pinjaman mencapai 750 juta dollar AS.

Sebelum rencana obligasi dan akuisisi yang akan dilakukan oleh perusahaan yang juga dimiliki oleh Arifin Panigoro ini, per Desember 2015, Medco telah mencatatkan utang sebesar 2,2 miliar dollar AS dengan total 1.6 miliar dollar AS merupakan pinjaman jangka panjang.