Harga Emas Naik Hingga 0,9 Persen Selama Pekan Ini

Kilau emas sepertinya akan semakin menarik karena terus menunjukan kenaikan yang memasuki minggu kedua. Investor kini disibukkan dengan menanti laporan pekerjaan negeri Paman Sam menyusul paket stimulus dari BoE atau Bank of England termasuk pemotongan suku bunga untuk pertama kali dalam tujuh tahun terakhir.
Laju Emas Berhenti Dan Kini Berbalik Turun
Untuk pengiriman segera, emas mengalami kenaikan sebesar 0,2 persen menjadi 1.363,67 US dollar per troy ounce pada pukul 02.48 siang waktu Singapura. Menurut Bloomberg, sepanjang pekan ini emas telah mengalami kenaikan sebesar 0,9 persen.

Data Payrolls akan terus dicermati sebagai petunjuk waktu untuk suku bunga berikutnya oleh Federal Open Market Committee. Pada laporan 29 Juli menunjukkan produk domestik pada kuartal kedua mengalami kenaikan akan tetapi masih berada dibawah ekspetasi pasar oleh karena itu sekarang fokus sedang tertuju pada kekuatan pasar tenaga kerja AS yang megindikasikan jumlah pengangguran Negeri Paman Sam.

Pertumbuhan ekonomi yang lemah akan membuat The Fed tetap mempertahankan suku bunga hingga tahun 2016 walaupun pada bulan lalu kencang dihembuskan kabar akan ada kenaikan suku bunga. Peluang kenaikan terbesar diprediksi akan terjadi pada 2017 menurut BMI Research. Kenaikan suku bunga tersebut akan menaikan prospek tahun 2017 sebesar 50 US dollar hingga 1.400 US dollar.