ELSA Dapat Klien Untuk Jasa Kapal Seismik

PT Elnusa Tbk telah membeli 1 kapal seismik yang berukuran jumbo. Saat ini perusahaan tersebut mengkalim telah mendapatkan klien potensial yang akan memakai kapal tersebut untuk pencarian minyak dan gas di lepas pantai.

Sebagai catatan, ELSA sebelumnya telah pernah melakukan joint venture atau perusahaan patungan yang bernama PT Elnusa CGGVeritas Seismic untuk berbisnis kapal seimik akan tetapi pada tahun 2013, Elsa menjual 51 persen saham yang dimilikinya diperusahaan tersebut.
ELSA Dapat Klien Untuk Jasa Kapal Seismik
Fajriyah Ysman, Sektretaris Perusahaan ELSA mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan pengoperasian kapal seismik yang juga dilengkapi kemampuan untuk melakukan survei geofisika dan geologi, survei lingkungan perikanan.

Pengoperasian kapal tersebut akan menggunakan 10 streamer yang ditarik pada buritan kapal seismik. Kapal ini diharapkan dapat beroperasi pada akhir kuartal IV tahun ini. Dengan beroperasinya kapal ini diharapkan pendapatan Elnusa dapat meningkat sekitar 40 persen.

“Kapal seismik sedang berada di Batam untuk dipersiapkan sebelum dioperasikan secara penuh. Hal ini juga sekaligus sedang menunggu kontrak yang tengah dilakukan negosiasi. Berhubung juga kapal ini dari luar negeri, kami sedang dalam proses mengubah bendera menjadi Indonesia dan kami targetkan akan sea trial pada minggu depan,” lanjut Fajriyah.

Dengan kondisi yang masih dalam persiapan sekaligus menunggu kontrak yang sedang dilakukan negosiasi, Fahjriyah mengatakan bahwa kondisi kapal harus prima sebelum melakukan pekerjaan yang diharapkan akan diperoleh paling lambat akhir tahun ini.

Kapal seismic tersebut diklaim dapat melihat kedalaman hingga 10 km dan merupakan kapal terbesar dan termodern yang beroperasi di Indonesia. Selain itu, ELSA masih melayani bisnis perawatan operasional yang dimana melayani tender-tender besar.

Sri Purwanto yamg merupakan Head of Corporate Communications Elnusa menambahkan bawah penambahan kapal seismik akan masuk kedalam sektor jasa migas semakin lengkap karena sebelumnya perusahaan tersebut telah memiliki delapan kapal jenis barge dengan berbagai tipe.

Sri sendiri optimis dengan potensi dari segmen yang tengah digarap oleh Elnusa ini. Akan tetapi dirinya tidak memberitahu informasi mengenai klien yang akan menggunakan kapal seismik ini dan investasi yang dibutuhkan untuk membeli kapal ini.