Wall Street Ditutup Menguat Ditengah Aksi Merger Dan Akuisisi

Saham-saham di bursa Amerika Serikat hari ini ditutup menguat setelah banyaknya aski korporasi yang berupa merger ataupun akuisisi yang dilakukan berbagai perusahaan. Indeks Dow Jones Industrial Average menguat 77 poin pada sesi penutupan menuju ke posisi 18.223. Indeks S&P 500 berakhir dengan menguat 0,5 persen menjadi 2.151 dan Indeks teknologi Nasdaq melompat hingga 1 persen pada sesi penutupan menjadi 5.310.
Wall Street Ditutup Menguat Ditengah Aksi Merger Dan Akuisisi
Menguatnya bursa AS tersebut merupakan kabar gembira ditengah respon negatif dari investor terhadap tercapainya kesepakatan AT&T yang akan mencaplok Time Warner senilai 85,4 miliar dollar AS yang diumumkan pada akhir pekan lalu.

Saham AT&T dan Time Warner sendiri mengalami penurunan masing-masing sebesar 1,9 persen untuk AT&T dan 2,4 persen untuk Time Warner. Bahkan, hal yang paling mengejutkan adalah saham perusahaan multi nasional yang merupakan perusahaan ketiga terbesar di dunia untuk industri televisi, film dan hiburan, Time Warner terperosok lebih dalam daripada AT&T yang hanya sebesar 107,50 dollar AS per saham.

Penurunan tersebut disebut sebagai bentuk skeptis dari pasar dan investor mengenai kesepakatan yang disinyalir tidak akan mendapatkan restu dari regulator. Dilain pihak, investor menyambut dengan gembira akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan aviasi atau penerbangan Rockwell Collins terhadap pabrikan pembuat tempat duduk pesawat B/E Aerospace senilai 6,4 miliar dollar AS. Saham B/E Aerospace ditutup menguat hingga mencapai 15 persen sedangkan Rockwell Collins dicatat melemah sebesar 6 persen.

Aksi korporasi lainnya adalah akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan broker perdagangan TD Ameritrade terhadap Scottrade senilai 4 miliar dollar AS.