Data Manufaktur Dongkrak Harga Perak

Harga perak yang semakin mengkilap ditambah dengan ditopang oleh membaiknya data manufaktur sejumlah negara membuat salah satu komoditas ini memiliki harga yang semakin kinclong dipasar. Selain itu, skandal surat elektronik atau e-mail yang membelit calon presiden Amerika Serikat dari partai Demokrat yaitu Hillary Clinton juga turut memperkuat posisi harga perak.

Pada pukul 16.00 WIB hari Sening, harga perak untuk kontrak pengiriman Desember 2016 di Commodity Exchange menguat 0,36 persen ke angka 17,86 dollar AS per ons troi. Kenaikan ini merupakan kenaikan harga tertinggi sejak 3 Oktober 2016. Dlaam sepekan terakhir harga perak telah naik 1,5 persen.
data-manufaktur-dongkrak-harga-perak
Andri Hardianto, analis dari Asia Tradepoint Future mengatakan bahwa harga perak sedikit terangkat karena beberapa negara maju berhasil mencetak data manufaktur bulan Oktober yang diatas ekspetasi seperti Eropa, Amerika Serikat dan China.

Skandal surel Hillary Clinton juga membuat investor mulai beralih ke perak dari emas sebagai safe haven. Walaupun kasus Clinton ini berdampak negatif pada pasar saham AS dan juga nilai tukar AS akan tetapi tidak memberikan dampak yang terlalu besar.

Analisa Andri sendiri memprediksi bahwa harga perak akan terus bergerak liar dalam jangka waktu pendek. Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya data penting yang akan dirilis pekan ini. Beberapa data yang ditunggu adlaah indeks belanja sektor manufaktur China, Inggris dan AS. Investor disebut juga sedang menunggu rilis data aktivitas industri di sejumlah negara.

Selain itu, pekan ini juga akan diikuti oleh rapat beberapa bank sentral negara anggota G-7 seperti BoJ Jepang, BoE Inggris dan tentunya The Fed Amerika Serikat. Khusus The Fed merupakan hal yang paling ditunggu karena masih diselimuti ketidakpastian mengenai kenaikan suku bunga acuan.

Pernyataan hawkish dari pejabat senior The Fed dapat mengangkat dollar AS dan menekan harga perak. Jika melihat tren yang ada pada aktivitas industri dan manufaktur yang semakin membaik maka pergerakan harga ini merupakan suatu hal yang positif. Tetapi prospek penguatan ini akan terhalang oleh kenaikan bunga The Fed.