Telah Gabungkan Anak Usaha Oleh Toba Sejahtera

Berdasarkan prospektus yang diterbitkan akhir pekan ini menyampaikan TKS merupakan perusahaan yang dimiliki 99% sahamnya oleh TPS. Hal ini dilakukan supaya manajemen perusahaan lebih efektif dan efisien. Rencananya tangal efektif penggabungan pada 1 Maret 2017. Anak usaha PT Toba Sejahtera PT Toba Pengembang Sejahtera (TPS) berencana melakukan penggabungan usaha dengan PT Toba Karya Sejatera (TKS), dimana TKS akan menjadi pihak yang telah menggabungkan diri.

“Penggabungan usaha ini dalam acara rangka meningkatkan kinerja Toba Pengembang Sejahtera (TPS). Kemudian untuk efisiensi dan efektif manajemen perusahaan,” tulis manajemen TPS dalam prospektus.Selain itu, yang menjadi latar belakang merger ini adalah karena TPS dan TKS merupakan perusahaan yang sama-sama bergerak di bidang pembangunan properti. Dan saat ini antara TPS dam TKS sedang menggarap proyek sama adalah proyek properti Sopodel.

Dalam penggabungan ini akan memperkuat posisi TPS sebagai perusahaan hasil penggabungan dalam bisnis properti terutama dalam mencapai visi dan misi perusahaan mereka. Kemudian meningkatkan daya saing perusahaan hasil penggabungan dalam bisnis properti tersebut.

Pelaksanaan penggabungan ini akan dilaksanakan dengan meningkatkan modal disetor ditempatkan perusahaan hasil penggabungan tersebut. Peningkatkan modal disetor dan ditempatkan dilakukan sebagai akibat dari konversi saham-saham milik pemegang saham perusahaan hasil penggabungan ini.

Sesuai dengan rencana penggabungan ini seluruh pemegang saham TKS akan memperoleh 9.208 lembar saham baru di TPS. Rasio konversi tersebut sebesar 0,92 saham TPS untuk setiap saham TKS. Dimana konversi tersebut sudah mencerminkan nilai pasar wajar dari kedua perusahaan.