Eleven Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis On-line

MarketplaceAplikasi atau website yang menjadi media penjualan untuk produkmu, seperti Tokopedia, Shopee, dan sejenisnya. Di sisi lain, produk jasa bisa dalam bentuk jasa fotografi, endorsement, pembuatan iklan untuk brand, atau produk jasa kecantikan seperti tata rias , pemasangan bulu mata palsu hingga nail art. Jika tak mau repot menampung produk atau karena budget-mu terbatas, manfaatkan website.

Hal- hal yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis

Ada berbagai izin usaha kecil dan izin yang mungkin berlaku, tergantung pada jenis bisnis yang Anda mulai dan tempat Anda berada. Anda perlu meneliti lisensi dan izin apa yang berlaku untuk bisnis Anda. Patut diingat usaha adalah awal dari sebuah kesuksesan dan semoga artikel tentang hal-hal wajib dilakukan ketika memulai bisnis online diatas bermanfaat untuk anda. Bisa jadi calon pelanggan anda sangat membutuhkan bantuan dan tidak menutup kemungkinan calon pelanggan anda juga mengirimkan hal yang sama pada situs bisnis on-line lainnya. Maka dari itu upayakan quick respon agar anda tidak kehilangan prospek potensial anda. Setelah Anda selesai memetakan ide bisnis dan memilih produk, pembuatan nama bisnis dan penyedia internet hosting yang baik akan menjadi dalam daftar berikutnya.

Makanya, hadir di seminar, mendengarkan talkshow di radio atau membaca di tabloid mengenai berbagai sharing kisah sukses adalah hal yang sebaiknya rutin dilakukan. Bukan hanya untuk menimba ilmu, tetapi lebih dari itu, menjadi booster semangat ditengah tantangan memulai usaha sendiri. Mimpi tersebut sebaiknya sesuatu yang pantas, worthed, untuk dikejar dan diperjuangkan. Jika tidak, mimpi akan mudah dikalahkan atau dinomorduakan oleh tekanan dari kebutuhan dan tuntutan jangka pendek yang biasanya terlihat lebih urgen untuk dipenuhi. Makanya, saat memutuskan usaha sendiri, kita sebaiknya punya mimpi atau cita – cita yang jelas dan spesifik yang menjadi raison d etre memulai bisnis sendiri.

Semua ide tersebut dapat diceritakan dengan baik, anda dapat bercerita mengenai ide bisnis anda ke rekan kerja anda dengan sangat fasih. Semua orang dapat bercerita tentang ide yang dimilikinya, namun tidak semua orang dapat merealisasikan ide yang dimilikinya. Untuk merealisasikan ide yang dimiliki, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menuliskan ide tersebut.

Namun dengan berbisnis secara on-line, kamu tak perlu terus menerus berada di toko. Bisnis ini bahkan bisa dilakukan bersamaan dengan pekerjaan lainnya. Setelah Anda berhasil meluncurkan bisnis dan menghasilkan penjualan pertama, Anda dituntut untuk mendapatkan keuntungan agar bisnis tetap bertahan.

Sehebat apapun Anda dalam fotografi, Anda tetap memerlukan keterampilan lain yaitu ketrampilan dalam komunikasi bisnis. Setelah mengantongi surat bukti terdaftar, proses selanjutnya adalah mengurus perizinannya. OJK memberi tenggat waktu maksimal 1 tahun untuk mengajukan izin setelah proses pendaftarannya sukses. Kalau dalam 1 tahun tidak mengajukan izin, maka surat bukti terdaftar dinyatakan batal.