Gaji 600 Juta Tiap Bulan? Ini Dia Deretan Nama Youtuber Terkaya Di Indonesia

Selain mengalihkan penghasilan kamu pada tabungan dan asuransi, kamu dapat melipat gandakan uang kamu dengan berinvestasi. Melakukan investasi sedini mungkin juga akan membantu kamu dalam mewujudkan impian membeli rumah di usia muda. Selain dana darurat, Mike menyarankan anak muda di usia 25 tahun mulai mempersiapkan dana hunian dan dana pensiun. Dengan demikian, mereka tak akan khawatir dengan keuangan di masa tua kelak. Alih-alih mengejar goal tersebut, Mike menilai anak muda di usia 25 tahun membuat rencana keuangan yang sesuai dengan kemampuan dan tanggungan mereka.

MEndapatkan Gaji di usia yang muda

Bagi sebagian besar yang lain, pendidikan tinggi akan dapat membantu untuk meraih penghasilan lebih besar lagi. Toh lebih banyak statistik yang menunjukkan, bahwa orang yang menempuh pendidikan tinggi cenderung menghasilkan banyak uang daripada mereka yang berpendidikan rendah. Jadi, bagi yang belum memiliki dana darurat, segera dikumpulkan ya! Karena ini penting sebagai bentuk antisipasi atas apapun yang akan terjadi di masa depan. Selain menabung dan berinvestasi, cobalah untuk mencari pendapatan tambahan yang bisa kamu tabung atau pakai untuk berinvestasi. Tidak harus mapan untuk mulai berinvestasi, dengan memulai investasi kalian akan mendapatkan pelajaran mengenai kegalalan kemudian bangkit kembali.

Semakin lama Sobat Sikapi menunda rencana membeli rumah, semakin sedikit waktu yang kalian miliki untuk mengumpulkan dana. Selain itu jika Sobat Sikapi memutuskan mengajukan KPR/KPA, semakin kecil kemungkinan pinjaman kalian diterima karena batas usia pelunasan kredit biasanya adalah 55 tahun. Menunda pembelian rumah tidak akan membantu meningkatkan kemampuan membeli, karena walaupun penghasilan Sobat Sikapi meningkat tetapi harga rumah juga meningkat juga.

Kuncinya berani bertindak agar kamu punya ‘pabrik uang.’ Tidak jadi karyawan seumur hidup. Kalau medsos dihiasi postingan konten keren, punya basis pengikut banyak, kamu bisa kebanjiran iklan atau endorse dengan bayaran hingga ratusan juta rupiah. “Kalau dia belum mempersiapkan pensiun sejak usia 25, itu kehidupannya belum best sebenarnya,” katanya. Beban ganda tersebut membuat mereka berada di posisi terjepit untuk bisa memiliki kemerdekaan finansial.

Akan ada waktunya kamu harus pensiun dan berhenti dari dunia kerja. Tentunya kamu harus mempersiapkan sumber pendapatan ketika kamu sudah nggak produktif lagi. Kalau kamu melakukan investasi dari muda, dana investasi dan keuntungannya bisa kamu nikmati ketika kamu pensiun nanti.