Perjanjian Endorsement Dalam Perspektif Perlindungan Konsumen

Berikut perbandingan antara produk kecantikan, produk kesehatan dan produk rumah tangga dalam melakukan endorsement. Ada sebuah sebaran menarik terkait pola pengguna media sosial dalam mengikuti figur publik yang memungkinkan untuk melakukan endorsement. Kalau diartikan harfiah, endorsement sendiri artinya ‘dukungan’ atau ‘persetujuan’. Yaitu bagaimana sebuah brand atau produk berusaha untuk mendapatkan semacam legitimasi, pengakuan, atau dukungan dari orang lain agar bisa dikenal bahkan dipercaya oleh banyak orang. Dan tentunya, pengakuan semacam itu bisa didapatkan dalam jumlah yang lebih masif apabila dilakukan oleh orang yang ‘punya nama’ atau simpelnya, punya keahlian, influencers, punya banyak pengikut, followers, followers atau apapun itu. Dalam kasus ini, jelas istilah selebgram, selebtwit, selebriti lokal, nasional, tokoh penting, dan lain-lain, punya andil untuk ‘meng-influence’ pengikut mereka.

Endorsment

Tak hanya akun pribadi, Sharena memiliki akun Instagram khusus endorsement dengan nama pengguna @endorsesharena. Jangan sampai menentukan target selebritas endorse secara asal-asalan. Latar belakang seorang selebritas berbanding lurus dengan target pasar. Sebagai contoh, Anda ingin memasarkan sepatu sneakers yang biasa dipakai anak-anak muda. Itu artinya artis endorse yang diajak bekerja sama haruslah berada di usia yang kurang lebih sama dengan goal konsumen. Salah memilih endorser sama saja dengan melempar umpan ke sasaran yang tidak tepat.

Meledaknya penggunaan media sosial membuat keterbukaan dalam banyak hal termasuk adanya endorsement yang dilakukan dari model kepada mereka yang mempunyai follower dan audiens yang tinggi. Cara ini membantu model mengenalkan image dan produk mereka melalui pihak ketiga dengan tidak hanya lebih murah tetapi juga lebih relevan. Pihak endorser hanya perlu memposting satu kali dengan durasi tertentu dan tidak ada kewajiban untuk terus menggunakan produk tersebut. Bahkan, endorser boleh memposting produk / jasa yang berbeda di hari yang sama.

Membahas lebih jauh mengenai hal itu, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan jasa endorsement dari seorang influencer. Sehingga, menjawab pertanyaan Anda, artis yang meng-endorse produk kosmetik palsu/ilegal berpotensi untuk dijerat dengan ketentuan pidana apabila iklan yang disampaikannya melanggar ketentuan yang kami paparkan di atas. Pelaku usaha yang melanggar ketentuan Pasal 17 ayat huruf a, b, c, dan e di atas diancam pidana penjara maksimal 5 tahun atau pidana denda maksimal Rp2 miliar. Sedangkan pelaku usaha yang melanggar Pasal 17 ayat huruf d dan f diancam pidana penjara maksimal 2 tahun atau pidana denda maksimal Rp500 juta. Anda juga dapat memasukkan dukungan dari orang-orang yang tidak terkenal dan dihormati berdasarkan “individu”, tetapi mereka mewakili lembaga yang “dihormati”.

Berbeda dengan selebgram lainnya, gadis belia ini menjadi selebgram yang populer dengan busana hijabnya. Jumlah followers mencapai 1 juta orang ini, Shirin bisa mendapatkan banyak uang dari akun instagramnya. Jika Anda memiliki usaha on-line, ada baiknya Anda menggunakan software program pembukuan untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai solusi untuk memudahkan kegiatan akuntansi dalam bisnis on-line Anda.